Wisata Pantai Watu Ulo

Wisata Pantai Watu Ulo


Hai sobat traveller, bagi kalian yang sedang travelling di Kota Jember Tepat sekali karena kali ini admin akan share salah satu wisata pantai yang cukup populer di Kota Jember yaitu Watu Ulo. Watu Ulo berasal dari bahasa Jawa yang berarti "Batu Ular". Selama ini Watu Ulo menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik dari daerah jember maupun dari luar kota. Watu Ulo ini sangat kental akan nilai mistisnya. Selain karena mitosnya, pantai ini memang mempunyai pesona lain dibandingkan dengan pantai lainnya. Pantai Watu Ulo bersebelahan dengan Pantai Papuma yang tidak kalah bagusnya, akan tetapi Watu Ulo memiliki garis pantai yang lebih panjang, serta tidak begitu banyak batuan karang besar seperti di Papuma. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengulas perihal Pantai Watu Ulo.

Lokasi Pantai Watu Ulo
Pantai Watu Ulo terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jarak Watu Ulo kalau dari pusat Kota Jember berkisar kurang lebih 40 Kilometer sebelah selatan Kota jember. Watu Ulo dapat ditempuh dari dua arah yaitu dari arah timur (Banyuwangi) dan dari arah barat (Lumajang). Apabila dari arah timur rute yang harus ditempuh adalah Banyuwangi - Jember - Kecamatan Ambulu - Desa Sumberejo -  Pantai Watu Ulo. Apabila dari arah barat rute yang harus ditempuh adalah Lumajang - Kecamatan Ambulu - Desa Sumberejo - Pantai Watu Ulo.

Transportasi Menuju Pantai Watu Ulo
Tidak ada angkutan umum yang menuju langsung ke lokasi. Salah satunya alternatif untuk bisa sampai ke pantai ini adalah dengan menggunakan jasa Travel, Taxi, Pesan Bus, atau kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Ulo
Untuk harga tiket masuk Watu Ulo sangat murah meriah dan terjangkau. Kalian cukup membawa uang Rp.100.000 saja sudah sangat cukup untuk kamu bisa menikmati keindahan Pantai Watu Ulo. Harga tiket masuknya Rp.7.500 per orang, tidak termasuk anak kecil sehingga cocok untuk liburan bareng keluarga. Untuk kendaraan roda 2 dikenakan biaya Rp.5.000, sedangkan roda 4 dikenakan biaya Rp.10.000. Kalau kalian membawa uang sebanyak Rp.100.000 sudah sangat cukup untuk  makan atau jajan disana.

Asal Usul Nama Watu Ulo
Menurut cerita dari masyarakat sekitar, dahulu kala ada daerah yang dihuni oleh Nogo Rojo yang mempunyai bentuk seperti ular raksasa. Nogo Rojo memangsa semua mahluk hidup yang ada dalam perairan tersebut. Kemudian, muncullah 2 orang pemuda bernama Raden Said dan Raden Musodo. Dalam budaya masyarakat Jawa, Raden Said dikenal juga sebagai Sunan Kalijaga.
Singkat cerita, kedua saudara tersebut pergi memancing di pantai. Setelah itu, mereka berhasil memancing seekor ikan mina. Namun ikan tersebut memohon untuk dapat dilepas kembali ke lautan, sebagai imbalannya ikan tersebut memberikat sirip yang dapat berubah menjadi emas pada Raden Musodo. Setelah dilepaskan, ternyata ikan mina itu dimangsa oleh Nogo Rojo. Geram melihat kejadian itu, Raden Musodo menggunakan sirip yang telah diberikan sebelumnya untuk memotong tubuh Nogo Rojo. Cerita ini sudah menyebar luas di masyarakat.

Wisata Pantai Watu Ulo


Nah begitulah sedikit ulasan tentang Wisata Pantai Watu Ulo. Semoga bermanfaat bagi kalian semua dan apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan isi di kolom kometar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Pantai Watu Ulo"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke Blog saya. jika anda ada pertanyaan silahkan berkomentar!!